Page 22 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 22

b)  Kelemahan:  Keterlibatan  industri  dalam  sinkronisasi  kurikulum  seringkali  masih

                       bersifat  seremonial  dan  belum  mendalam.  Belum  semua  IDUKA  mitra  siap  dan
                       bersedia untuk terlibat dalam program rekrutmen atau guru tamu.


               3.   Tantangan dan Rencana Pengembangan
                    a)  Tantangan:
                       1)  Menemukan IDUKA yang bersedia berkomitmen untuk kemitraan jangka panjang

                           yang komprehensif (melampaui sekadar penerimaan siswa PKL).
                       2)  Menyelaraskan jadwal sekolah dengan ketersediaan waktu praktisi industri untuk

                           program guru tamu.

                    b)  Rencana Pengembangan:

                       1)  Membentuk  tim  khusus  Hubungan  Industri  (Hubin)  yang  lebih  proaktif  dalam
                           merawat dan mencari mitra baru.
                       2)  Mengembangkan model kemitraan berbasis proyek, di mana siswa mengerjakan

                           proyek riil dari industri sebagai bagian dari pembelajaran.
                       3)  Menjajaki kemitraan dengan industri skala nasional untuk membuka wawasan dan
                           peluang yang lebih luas bagi siswa.


                    Implikasi Hasil Analisis terhadap Pengembangan Sekolah

                    1.  Penguatan Tim Hubin: Peran dan fungsi tim Hubungan Industri akan direvitalisasi,
                       tidak hanya sebagai penyalur PKL tetapi juga sebagai manajer kemitraan strategis
                       sekolah.

                    2.  Penyusunan Roadmap Kemitraan: Sekolah akan menyusun peta jalan (roadmap)
                       kemitraan untuk 3 tahun ke depan yang berisi target dan jenis kerja sama yang ingin

                       dicapai dengan IDUKA.
                    3.  Integrasi  Umpan  Balik  IDUKA:  Umpan  balik  dari  IDUKA  selama  PKL  akan
                       didokumentasikan  secara  sistematis  dan  menjadi  bahan  evaluasi  utama  dalam

                       perbaikan proses pembelajaran, terutama dalam hal penguatan soft skills dan budaya
                       kerja industri.


               G.   Analisis Rapor Pendidikan
                  Analisis Rapor Pendidikan merupakan fondasi dari Perencanaan Berbasis Data (PBD) di
                  SMK Pertiwi Kuningan. Data yang disajikan dalam Rapor Pendidikan Tahun 2025 menjadi








                                                                                                              13
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27