Page 18 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 18

4.  Dasar Pengajuan Bantuan: Data kondisi sarana prasarana ini akan menjadi dokumen

                   pendukung  yang  kuat  untuk  mengajukan  proposal  bantuan  pengembangan  fasilitas
                   kepada pemerintah atau melalui program kemitraan dengan industri.


               E. Analisis Karakteristik Program Keahlian
                  Sebagai  satuan  pendidikan  kejuruan,  relevansi  program  keahlian  terhadap  kebutuhan
                  dunia kerja (IDUKA), potensi daerah, dan minat peserta didik menjadi kunci keberhasilan.

                  Analisis  ini  menguraikan  karakteristik,  kekuatan,  dan  tantangan  dari  setiap  program
                  keahlian  yang  diselenggarakan  di  SMK  Pertiwi  Kuningan.  Saat  ini,  sekolah

                  menyelenggarakan 3 (tiga) program keahlian.

                                         KARAKTERISTIK PROGRAM KEAHLIAN
                                                SMK PERTIWI KUNINGAN


                    No      Program Keahlian                            Karakteristik

                                                     Pembelajaran berbasis produk dan projek
                                                     Dual Based Learning
                                                     Dual Based Assesment (Penilaian proses dan
                                                      penilaian akhir)
                                                     Guru memiliki disiplin kerja yang tinggi
                           Teknologi Manufaktur
                    1                                Pengembangan Tefa
                              dan Rekayasa
                                                     Link dan super match dengan DUDIKA
                                                     Kelas binaan industri
                                                     Kelas khusus industri
                                                     Guru produktif bersertifikat industry
                                                     Work Based Learning

                                                     Pembelajaran berbasis produk dan projek
                                                     Dual Based Learning
                                                     Dual Based Assesment (Penilaian proses dan
                                                      penilaian akhir)
                                                     Guru memiliki disiplin kerja yang tinggi
                    2       Teknologi Informasi
                                                     Pengembangan Tefa dan unit produksi
                                                     Link dan super match dengan DUDIKA
                                                     Kelas khusus industri
                                                     Guru produktif bersertifikat industri
                                                     Work Based Learning
                                                     Pembelajaran berbasis produk dan projek
                                                     Dual Based Learning
                    3     Bisnis dan Manajemen
                                                     Dual Based Assesment (Penilaian proses dan
                                                      penilaian akhir)






                                                                                                               9
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23