Page 42 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 42
BAB III
PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN
Pengorganisasian pembelajaran di SMK Pertiwi Kuningan dirancang untuk memberikan
pengalaman belajar yang bermakna, relevan, dan mampu membekali peserta didik dengan
kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja. Pembelajaran dibagi menjadi tiga kerangka utama:
intrakurikuler, kokurikuler (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), dan ekstrakurikuler.
A. Intrakurikuler
Kegiatan intrakurikuler merupakan kegiatan pembelajaran utama yang terstruktur dalam
muatan mata pelajaran. Pembelajaran intrakurikuler di SMK Pertiwi Kuningan menggunakan
prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang fleksibel dan berorientasi pada kompetensi.
1. Struktur Kurikulum Struktur kurikulum intrakurikuler dikelompokkan menjadi:
a) Kelompok A (Muatan Umum): Mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta
didik sebagai pribadi yang utuh, sesuai dengan fase perkembangannya.
b) Kelompok B (Muatan Kejuruan): Mata pelajaran yang berfungsi membekali peserta
didik dengan kompetensi sesuai program keahlian yang dipilih.
c) Praktik Kerja Lapangan (PKL): Merupakan bagian dari mata pelajaran intrakurikuler
wajib bagi siswa SMK yang dilaksanakan untuk menerapkan dan memperdalam
kompetensi di dunia kerja nyata.
d) Muatan Lokal: Mata pelajaran yang mengembangkan potensi dan kearifan lokal daerah
Jawa Barat.
STRUKTUR KURIKULUM KELAS X
SMK PERTIWI KUNINGAN
Alokasi Alokasi
Total JP
Mata Pelajaran Intrakurikuler Kokurikuler Per Tahun
Per Tahun Per Tahun
Mata Pelajaran Umum
Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Pendidikan Agama Kristen dan Budi
Pekerti
Pendidikan Agama Katolik dan Budi 108 - 108
Pekerti
Pendidikan Agama Buddha dan Budi
Pekerti
Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti
33

