Page 48 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 48
2. Pengembangan Muatan Pembelajaran Berbasis Tema Muatan pembelajaran dalam
kegiatan kokurikuler ditetapkan dalam bentuk tema-tema yang dikembangkan oleh
sekolah. Setiap tahun ajaran, Tim Pengembang Kurikulum memilih tema-tema dari daftar
yang disediakan oleh Kemendikbudristek, kemudian mengembangkannya menjadi topik-
topik proyek yang relevan dengan konteks lokal Kuningan dan kebutuhan peserta didik.
Sebagai contoh, untuk tema "Kewirausahaan", sekolah mengembangkan proyek bertajuk
"Inovasi Produk Turunan Tape Ketan Khas Kuningan" yang menantang siswa untuk
menciptakan produk baru dan merancang strategi pemasarannya.
3. Alur Perkembangan Kompetensi Profil Lulusan Setiap proyek kokurikuler dirancang
dengan alur yang jelas untuk mengembangkan kompetensi yang diturunkan dari dimensi
Profil Pelajar Pancasila, yang selaras dengan delapan dimensi profil lulusan dalam Standar
Kompetensi Lulusan (SKL). Alur ini memastikan bahwa setiap kegiatan bertujuan untuk
membangun karakter dan kemampuan siswa secara holistik.
Contoh alur perkembangan kompetensi pada proyek "Inovasi Produk Turunan Tape Ketan
Khas Kuningan":
a) Dimensi Bernalar Kritis: Siswa diajak mengidentifikasi masalah (misalnya, tape ketan
kurang menarik bagi anak muda), melakukan riset pasar, dan menganalisis potensi
produk baru.
b) Dimensi Kreatif: Siswa ditantang untuk menghasilkan gagasan-gagasan orisinal
(misalnya, membuat es krim rasa tape, kue kering tape), merancang kemasan yang
menarik, dan mengembangkan produk tersebut.
c) Dimensi Gotong Royong: Siswa bekerja dalam tim, membagi tugas mulai dari tahap
produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Mereka belajar berkomunikasi dan
berkolaborasi secara efektif.
d) Dimensi Mandiri: Siswa didorong untuk menunjukkan inisiatif, mengelola waktu
pengerjaan proyek, dan bertanggung jawab atas tugas masing-masing dalam
kelompok.
Dengan alur tersebut, kegiatan kokurikuler tidak hanya menghasilkan produk, tetapi secara
terstruktur membentuk kompetensi dan karakter yang dibutuhkan lulusan di masa depan.
C. Ekstrakurikuler (Pengembangan Minat dan Bakat)
1. Konsep dan Prinsip Pelaksanaan Kegiatan ekstrakurikuler di SMK Pertiwi Kuningan
merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai wadah untuk mengembangkan minat,
bakat, dan potensi peserta didik secara optimal. Penyelenggaraannya disesuaikan
39

