Page 13 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 13

b)  Sertifikasi Profesional:

                       1)  Sebanyak 79% (61 guru) telah memiliki Sertifikat Pendidik Profesional.
                       2)  Sebanyak  6%  (5  guru)  sedang  dalam  proses  mengikuti  Program  Pendidikan
                           Profesi Guru (PPG).

                       3)  Sisanya  15%  (12  guru)  merupakan  guru  baru  yang  akan  dipersiapkan  untuk
                           mengikuti PPG sesuai dengan regulasi yang berlaku.


               2. Pengalaman Mengajar dan Kompetensi Kejuruan
                   a)  Masa  Kerja  :  Pengalaman  mengajar  para  pendidik  cukup  bervariasi,  menciptakan

                       perpaduan antara pengalaman dan semangat baru:
                       1)  40% memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun.

                       2)  35% memiliki pengalaman mengajar antara 5 hingga 10 tahun.
                       3)  25% memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun.
                   b)  Kompetensi Kejuruan (Guru Produktif): Guru-guru pada program keahlian memiliki
                       kompetensi yang relevan dengan industri:

                       1)  Sebagian besar guru produktif memiliki pengalaman magang industri atau kerja
                           di dunia usaha sebelumnya.

                       2)  Beberapa guru telah memiliki  sertifikasi kompetensi dari Lembaga Sertifikasi
                           Profesi  (LSP)  atau  Badan  Nasional  Sertifikasi  Profesi  (BNSP)  yang  relevan
                           dengan bidangnya (misal: teknisi akuntansi, desainer grafis muda, dsb.).


               3. Profil Tenaga Kependidikan (Tendik)

               Tenaga kependidikan memegang peran vital dalam mendukung kelancaran administrasi dan
               layanan sekolah. Jumlah tendik di SMK Pertiwi Kuningan adalah 15 orang, dengan rincian:
               a)  Kepala Tata Usaha: 1 orang (Kualifikasi S1 Ekonomi).

               b)  Staf Administrasi & Keuangan: 5 orang (Kualifikasi SMA/SMK).
               c)  Pustakawan: 1 orang (Kualifikasi D3 Perpustakaan).
               d)  Lainnya (Satpam & Petugas Kebersihan): 4 orang.


               Implikasi Hasil Analisis terhadap Pengembangan Sekolah:

               Berdasarkan  data  profil  SDM  di  atas,  maka  strategi  pengembangan  yang  akan  dilakukan
               adalah:
               1.  Program  Peningkatan  Kompetensi  (PKB):  Sekolah  akan  menyusun  program

                   Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang fokus pada:









                                                                                                               4
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18