Page 11 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 11

1)  Literasi  :  Kemampuan  dasar  membaca  dan  memahami  teks  informatif  sudah

                           baik, namun perlu penguatan pada kemampuan menganalisis bacaan kompleks
                           dan menuangkan gagasan secara terstruktur.
                       2)  Numerasi  :  Kemampuan  dasar  berhitung  sudah  memadai,  namun  penerapan

                           konsep  matematika  dalam  konteks  masalah  kejuruan  (problem  solving)  masih
                           perlu ditingkatkan.
                   b)  Gaya Belajar : Terdapat kecenderungan gaya belajar yang kuat pada ranah vokasi:

                       1)  Kinestetik : Sekitar 65% peserta didik menunjukkan preferensi belajar melalui
                           praktik langsung, simulasi, dan pengerjaan proyek di bengkel/laboratorium.

                       2)  Visual : Sekitar 25% peserta didik merespons baik terhadap materi yang disajikan
                           dalam bentuk gambar, diagram, video tutorial, dan peragaan.
                       3)  Auditori : Sekitar  10% peserta didik efektif  belajar melalui diskusi, penjelasan

                           lisan, dan tanya jawab.

               3. Minat, Bakat, dan Aspirasi Karir

                   a)  Motivasi Memilih SMK : Alasan utama peserta didik memilih SMK Pertiwi Kuningan
                       adalah  keinginan  untuk  mendapatkan  keterampilan  praktis  agar  bisa  langsung

                       bekerja setelah lulus.
                   b)  Aspirasi Pasca-Lulus (BMW) :
                       1)  Bekerja (B) : Sekitar 75% peserta didik memiliki aspirasi untuk langsung bekerja

                           di industri yang relevan dengan program keahliannya.
                       2)  Wirausaha (W) : Sekitar 15% menunjukkan minat untuk membuka usaha mandiri,

                           terinspirasi oleh potensi ekonomi lokal dan peluang digital.
                       3)  Melanjutkan  (M)  :  Sekitar  10%  berencana  untuk  melanjutkan  pendidikan  ke
                           jenjang yang lebih tinggi, seperti politeknik atau universitas.

                   c)  Minat dan Bakat Non-Akademik: Minat siswa yang menonjol di luar jam pelajaran
                       adalah pada bidang olahraga (voli dan futsal), seni budaya (pencak silat, seni musik
                       sunda), dan keagamaan (Rohis/Keputrian).


               4. Aspek Psikologis, Sosial, dan Budaya

                   1.  Tahap Perkembangan: Peserta didik berada pada fase remaja yang aktif mencari
                       identitas diri, memiliki solidaritas tinggi dengan teman sebaya, dan mudah beradaptasi
                       dengan teknologi digital (khususnya media sosial dan hiburan online).

                   2.  Nilai Budaya: Sebagai bagian dari masyarakat Kuningan, peserta didik telah tertanam
                       dengan nilai-nilai religius dan budaya Sunda seperti sopan santun, gotong royong, dan

                       rasa hormat kepada orang yang lebih tua.




                                                                                                               2
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16