Page 12 - KSP SMK Pertiwi Kuningan 2025-2026
P. 12

3.  Literasi  Digital:  Sebagian  besar  siswa  (95%)  adalah  pengguna  aktif  gawai

                       (smartphone),  namun  pemanfaatannya  untuk  pembelajaran  produktif  masih  perlu
                       diarahkan dan ditingkatkan.


               Implikasi Hasil Analisis terhadap Pengorganisasian Pembelajaran:
               Berdasarkan analisis karakteristik peserta didik di atas, maka KSP SMK Pertiwi Kuningan
               akan dirancang dengan strategi sebagai berikut:

               1.  Pembelajaran  Intrakurikuler:  Akan  didominasi  oleh  pendekatan  pembelajaran
                    berbasis  proyek  (Project-Based  Learning)  dan  pembelajaran  berbasis  praktik

                    (bengkel/lab) untuk mengakomodasi gaya belajar kinestetik dan visual.
               2.  Pembelajaran Kokurikuler : Tema-tema projek akan diangkat dari isu-isu kontekstual di
                    lingkungan Kuningan, seperti "Kewirausahaan Berbasis Potensi Alam Lokal" atau "Gaya

                    Hidup Berkelanjutan," untuk menghubungkan pembelajaran dengan realitas siswa. Nilai-
                    nilai budaya lokal dan religius akan diintegrasikan secara eksplisit dalam pembentukan
                    Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Beriman & Bertakwa, Gotong Royong,

                    dan Kebinekaan Global.
               3.  Layanan  Bimbingan  Konseling  (BK)  :  Program  layanan  BK  akan  difokuskan  pada
                    bimbingan  karir,  pemetaan  potensi  wirausaha,  dan  penyediaan  informasi  untuk

                    melanjutkan studi, sesuai dengan aspirasi peserta didik.
               4.  Pengembangan Minat dan Bakat : Kegiatan ekstrakurikuler akan dioptimalkan untuk

                    menyalurkan  dan  mengembangkan  bakat  siswa  di  bidang  olahraga,  seni,  dan
                    keagamaan sebagai sarana pembentukan soft skills.


               B. Analisis Karakteristik Pendidik dan Tenaga Kependidikan
               Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset utama dalam penyelenggaraan pendidikan di

               SMK Pertiwi Kuningan. Analisis ini bertujuan untuk memetakan potret kualifikasi, kompetensi,
               dan  kebutuhan  pengembangan  bagi  pendidik  (guru)  dan  tenaga  kependidikan  (tendik)
               sebagai dasar penyusunan program peningkatan mutu berkelanjutan.

               1. Kualifikasi Akademik dan Sertifikasi Pendidik

                   a)  Jumlah  dan  Kualifikasi:  SMK  Pertiwi  Kuningan  memiliki  total  78  orang  guru.
                       Kualifikasi akademik seluruh guru telah memenuhi standar nasional, dengan rincian:
                       1)  96% (75 guru) berkualifikasi Strata 1 (S1) / Diploma IV (D4).

                       2)  4% (3 guru) berkualifikasi Strata 2 (S2).
                       3)  Seluruh  guru  mengajar  mata  pelajaran  yang  linier  dengan  latar  belakang

                           pendidikannya.




                                                                                                               3
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17